11/25/2009

Diantara Dua Plilihan

0

Sudah merasa nyaman dengan posisi Anda di tempat kerja Anda saat ini, ternyata tiba-tiba tawaran pekerjaan dari perusahaan lain yang disertai iming-iming gaji dan fasilitas yang jauh lebih OK dibandingkan dengan tepat kerja Anda, datang menghampiri.

Lalu apa sikap Anda? Segera hengkang dari posisi nyaman Anda dan beralih ke perusahaan tersebut, atau tetap fokus pada posisi Anda sekarang ini dan memasang kacamata kuda? Semua pilihan tentunya ada di tangan Anda. Namun supaya keputusan yang Anda ambil memiliki alasan yang kuat, tidak ada salahnya menyimak ulasan berikut ini.

Lihat prospek kedepan
Jika ini merupakan kali pertama Anda “digaet” perusahaan lain untuk bergabung didalamnya, salah satu yang harus menjadi pertimbangan utama Anda adalah jenjang karir di perusahaan tersebut.

Hal ini sangat penting, mengingat akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan karir Anda kedepannya. Ada baiknya Anda melakukan riset kecil-kecilan dengan mencari informasi tentang perusahaan tersebut. Bisa dengan mencari melalui browsing internet, bertanya pada teman atau menanyakannya langsung pada perusahaan tersebut.

Yang perlu Anda ketahui dari penawaran kerja tersebut diantaranya, kejelasan dari perusahaan tersebut, tujuan dari perusahaan itu merekrut Anda, serta posisi dan tanggung jawab Anda.

Dari situ, Anda bisa menilai dan membuat perbandingan antara perusahaan tersebut dengan perusahaan tempat Anda bekerja saat ini. Manakah yang lebih memberikan peluang lebih besar dalam mewujudkan impian karir Anda.

Pertimbangkan gaji dan tunjangan
Adalah hal yang sangat krusial jika sudah berhubungan dengan pendapatan dan tunjangan. Untuk mendapatkan kepastian dari tawaran tersebut, tanyakan mengenai gaji, termasuk tunjangan-tunjangan lainnya, seperti tunjangan kesehatan, transportasi, annual allowance, living allowance dan bonus.

Setelah itu, Anda bisa membandingkan mana yang lebih OK. Setelah itu buatlah keputusan.

Lihat kredibilitas perusahaan
Disamping tawaran menggiurkan yang ditawarkan kepada Anda dari perusahaan tersebut, yang tidak boleh lepas dari pantauan Anda yaitu kredibilitas dari perusahaan yang akan merekrut Anda. Cari tahu seputar manajemennya, kondisi finansialnya, dan lama eksistensinya, apakah lebih baik dari tempat kerja Anda saat ini atau sebaliknya.

Kalau ternyata perusahaan tersebut tidak memiliki kredibilitas yang baik, sebaiknya abaikan saja tawaran tersebut. Namun jika perusahaan tersebut memiliki kredibilitas yang jauh lebih baik dari tempat kerja Anda saat ini, Anda tentunya sudah tahu apa yang harus Anda lakukan, bukan?

Teguhkan pendirian
Ketika mengetahui salah satu karyawan potensialnya tengah diperebutkan oleh perusahaan lainnya, biasanya perusahaan tempat Anda bekerja akan mengusahakan berbagai cara untuk membuat Anda tidak berpaling “ke lain hati” dan tetap bekerja di sana.

Bukan tidak mungkin, gaji serta tunjangan dan peluang jenjang karir Anda akan dinaikan oleh perusahaan - menyeimbangi tawaran dari pihak perusahan yang berminat merekrut Anda.

Pada akhirnya Anda akan dihadapkan pada dua pilihan yang membuat Anda dilemma dibuatnya. Agar Anda tidak salah dalam mengambil keputusan, sebaiknya buatlah list yang menjabarkan kekurangan dan kelebihan dari dua pilihan tersebut. Dengan begitu Anda akan lebih mudah dalam membuat keputusan.

Yang terpenting sebelum Anda membuat keputusan adalah yakinlah dengan keputusan akhir itu. Dan minimalkan segala kemungkinan pahit atau penyesalan pasca Anda mengeluarkan keputusan. (hanyawanita)

0 comments:

Feed my Articles

Google Translator

Donate

Counter