11/30/2009

Cara agar Terbebas dari Infeksi Jamur

0

AGAR terbebas dari infeksi jamur, berikut adalah langkah-langkah sederhana yang bisa Moms lakukan pada buah hati Anda, seperti yang direkomendasikan Prof DR dr Aisyah Boediardja SpKK, pakar spesialis kulit dan kelamin dari FKUI/RSUPN Cipto Mangunkusumo Jakarta dan dr Dewi Inong Irana SpKK, spesialis kulit kelamin dan kelamin RSIA Permata Cibubur.

1. Sejak mulai dikenalkan toilet training, si kecil bisa diajarkan bagaimana cara membersihkan alat vital yang benar. Sebaiknya, bersihkan alat vital dari depan ke belakang bukan sebaliknya.

2. Jangan lupa, keringkan alat vital yang masih basah dengan kain yang kering dan bersih atau tisu tanpa parfum. Hindari tisu yang mengandung parfum. Ini justru memicu timbulnya bakteri di daerah alat vital. Caranya, dengan ditepuk-tepuk di bagian yang masih basah baru kenakan celananya.

3. Hindari celana panjang dan pendek yang ketat.

4. Hindari bahan celana dalam yang tidak mudah menyerap. Sebaliknya, gunakan celana dalam yang terbuat dari bahan katun.

5. Bila celana dalam atau celana luarnya basah sebaiknya ganti dengan yang baru atau kering dan bersih.

6. Segera lepas pakaian renang yang basah setelah si kecil berenang.

7. Hindari banyak makanan yang mengandung gula karena gula akan merangsang tumbuhnya jamur, utamanya yang sedang melakukan pengobatan sehingga harus mengubah pola makannya.

8. Hindari dari orang-orang terinfeksi Candida, yang bisa ditularkan baik langsung maupun tidak langsung.

9. Perhatikan selalu faktor kebersihan di vagina, utamanya anak-anak di bawah usia 5 tahun karena masih rentan terinfeksi candida.

10. Perhatikan pula kebersihan lingkungan sekitar.

11. Tak terkecuali, jaga stamina tubuh agar tidak mudah terserang penyakit atau terinfeksi jamur.

12. Yang tak kalah penting, usahakan untuk selalu melakukan pemeriksaan rutin. Jika terdapat sesuatu yang tidak seperti biasanya dan tidak terasa nyaman seperti ada perubahan warna yang kadang disertai bau kurang sedap dan gatal-gatal di alat kelamin, segera berkonsultasi dengan dokter. (Okz)

0 comments:

Feed my Articles

Google Translator

Donate

Counter