6/29/2008

Masa sih Gemuk itu Sehat?????

3

Bagi orang awam sih berpendapat bahwa gemuk itu tanda kemakmuran, sedikit aneh juga ya saat mendengarnya. Tapi untuk sebagian orang gemuk yg lainnya merasakan bahwa kegemukan merupakan hal yg kurang baik dan kegemukan mempunyai kaitan dengan penyakit serius, seperti tekanan darah tinggi , jantung dan gula. Dan pastinya yg paling nggak enak itu adalah ejekan orang-orang yg iseng ngurusin masalah orang lain.

Sehingga banyak sekali iklan komersial untuk menurunkan kegemukan yg laris manis, bahkan dengan jalan pintas seperti sedot lemak, atau juga seperti sekarang ini juga ada totok lemak. Biasanya kaum wanita lebih banyak melakukannya dibanding dengan kaum adam. Kegemukan dalam pengertian awam yaitu lemak yg berlebihan, sedang menurut definisi para dokter yaitu kelainan kompleks dari pengaturan nafsu makan dan metabolisme energy yg dikontrol oleh factor- factor biologis yg spesifik.

Tahu nggak, kenaikan berat badan jadi pemborosan bahan bakar pesawat. Gara- gara ini, perusahaan pesawat terbang harus menambah biaya ekstra sebesar $275 juta setiap tahunnya hanya untuk bahan bakar saja. Lho kok bisa??? (*-*). Ini bisa dilihat dari perhitungan yg pernah dilakukan Centers for Disease Control and Prevention di Amerika pada tahun 2000. Kurang lebih pada tahun 1990an, orang Amerika rata-ratamengalami kenaikan berat badan sampai 4,5 kg. Hal ini bikin beban pesawat terbang jadi makin bertambah dan bikin pesawat terbang memerlukan bahan bakar lebih banyak. Tuh kan selain bikin tubuh nggak sehat ternyata kegemukan bikin rugi orang lain juga, lho.

Penyebab kegemukan adalah ketidakseimbangan kalori yg masuk dengan pemakaian yg berlangsung lama, pola hidup yg tidak akktif yg berlangsung lama, kelainan metabolisme, adanya gen Leptin yg menyebabkan rasa kenyang bermutasi sehingga menjadi tidak kenyang-kenyang. Jadi kegemukan adalah sebuah penyakit kronik yg perlu dikelola jangka panjang dan teratur. Hal- hal perlu dilakukan adalah:

v Mengatur makanan: Kurangi lemak dan karbohidrat, mengkonsumsi banyak sayur dan buah. Bila perlu konsultasi ke ahli gizi.

v Perubahan perilaku: Pola makan dan olahraga yg teratur.

v Pengobatan: Diberikan pada keadaan tertentu.

Penyakit-penyakit yg dapat timbul akibat kegemukan yaitu gula, batu empedu, hiperkolesterol, darah tinggi, kanker, perlemakan hati, penyakit sendi, dan masih banyak lagi. Maka dari itu mulai sekarang aturlah pola hidup yg sehat ^_^ .

3 comments:

Iya sich emang terlalu gemuk atau terlalu kiris sama ada efek sampingnya.
Saya lihat ada artikel dan software menarik tentang berat badan di http://beratbadan.bundaran.com/

Admin, verudi.
Nice makasih atas masukkannya.
Jgn segan2 kasih kritik dan saran.
thanks. (^_^)

Feed my Articles

Google Translator

Donate

Counter