6/17/2008

Beberapa Aspek Negatif Overclock Pada Komponen PC

0

Meskipun proses overclock terasa menggoda bagi para pemula yang ingin melakukannya, ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan untuk memulai overclock:

1. Overclock bisa menghilangkan garansi

Proses Overclock selalu berpotensi merusak komponen, dan masalahnya tidak ada manufacture prosesor, memori, VGA card yang mau memasukan overclock dalam jaminan garansinya. Sehingga bila rusak akibat tersebut tidak bisa diganti –kecuali jika anda membohongi produsen, alasan kenapa kompenennya rusak- ^_^.

2. Peningkatan kinerja tidak sebanding

Jika anda habiskan uang berjuta –juta (hingga bermilyar-milyar, atau mungkin bertrilyun-trilyun [T_T] ) untuk membeli mobo bagus, PSU mahal, bahkan pendingin yg menggunakan cairan, namun peningkatan kinerja tidak signifikan. Bahkan jika anda berhitung, prosesor bagus yang dikombinasikan dengan mobo standar justru memberikan kinerja yang lebih baik serta lebih murah. Resiko ini selalu bisa terjadi. Jadi pikirkan terlebih dulu langkah – langkah juga factor penentunya.

3. Komponen cepat rusak

Tak ada penelitian khusus yang mendukung anggapan tersebut diatas, tapi komponen yang dipaksa bekerja terlalu keras memang memiliki resiko lebih cepat rusak. Akan tetapi, penurunan umur pakainya hanya sekitar 10% - 20%, dan kalau rusak, biasanya komponen itu sudah ketinggalan jaman dan sudah waktunya: DI LEM BIRU (Dilempar Beli yang Baru)

0 comments:

Feed my Articles

Google Translator

Donate

Counter