8/19/2009

Mengatur Kebiasaan Makan Sehat

0

Kurangi porsi makan
Jika biasanya Anda mengonsumsi nasi sepiring penuh, cobalah untuk mengurangi porsinya. Kurangi porsi makan sedikit demi sedikit. Tidak perlu khawatir Anda kelaparan, perut itu di rancang fleksibel. Jika Anda biasanya mengisinya dengan porsi yang pas, maka lama-kelamaan akan terbiasa.

Bungkus makanan
Saat makan di tempat makan yang menyajikan makanan dalam porsi besar mintalah pada pelayan untuk membungkus setengahnya. Lakukan hal itu sebelum Anda melakukan suapan pertama. Dengan makanan yang banyak dan lezat, meskipun sudah merasa kenyang,

Anda akan cenderung berusaha untuk menghabiskannya. Untuk menghindari hal itu Anda bisa minta porsi setengah atau membungkus setengahnya. Dengan begitu kerja perut lebih ringan karena makanan yang dicerna tidak terlalu banyak.

Sisihkan bagian lemak
Saat mengonsumsi steak atau sate hindari bagian lemaknya, konsumsi saja dagingnya. Jangan selalu menambahkan mentega atau keju parut pada makanan. Berusahalah untuk menikmati rasa asli makanan.

Pilih sayuran segar
Tidak semua sayuran sehat untuk dikonsumsi. Hindari sayuran kering atau yang telah diproses dalam waktu lama. Konsumsilah sayuran segar yang minim proses pemasakannya atau tidak perlu dimasak seperti daun selada dan daun kemangi.

Bijak dengan makanan favorit
Setiap orang pasti memliki makanan favorit. Jika Anda menyukai burger, spageti atau makanan lain, kendalikan nafsu makan Anda. Kurangi porsinya, jangan sampai Anda mengosumsinya berlebihan. (VN)

0 comments:

Feed my Articles

Google Translator

Donate

Counter