10/17/2009

Langkah Tepat Temukan Pekerjaan Idaman

0

JIKA Anda terjebak di pekerjaan yang tidak disukai, jika Anda tidak bahagia dan selalu mengeluh setiap kali harus berangkat kerja, mungkin inilah saatnya Anda mengubah keadaan itu.

Sering kali seseorang baru menyadari bahwa pekerjaan yang dijalaninya tak sesuai dengannya, setelah mengalami dua hal berikut. Pertama, saat dia merasa semuanya sudah melebihi batas kemampuannya; dan kedua, saat hidupnya mulai berantakan.

Tentu saja peristiwa ini terjadi karena dia tidak menganalisa atau memikirkan pekerjaan atau karier apa yang cocok untuknya. Padahal untuk mengetahui atau menetapkan pekerjaan atau karier yang ideal, seseorang harus memikirkan dua sisi otaknya.

"Otak kiri akan mendaftar semua pekerjaan yang sekiranya cocok untuknya, sedangkan otak kanan akan menerjemahkan perasaannya tentang pekerjaan tersebut," ujar konsultan karier Lynea Corson-Hadley, seperti dikutip dari womensmedia.com.

Sayangnya, dalam menjalankan proses ini, umumnya orang-orang akan sibuk memperhatikan detail kriteria atau pekerjaan dan apa saja yang harus dilakukan, tanpa melakukan aksi sedikitpun.

Jika Anda juga mengalami situasi ini dan hanya berfokus pada pemikiran di otak kiri, Anda akan membutuhkan banyak waktu dan usaha untuk mengejar keinginan Anda. Namun jika Anda menggunakan otak kanan, biarkan sisi otak ini mengarahkan Anda tentang hal-hal yang Anda sukai, tidak sukai, dan menemukan jawaban atas pekerjaan yang benar-benar tepat untuk Anda.

1. Buatlah daftar tentang hal-hal yang tidak Anda sukai dengan keadaan Anda sekarang dan buatlah penyangkalan yang positif terhadap keadaan tersebut.

Hal ini ibarat saat Anda menginginkan teh, tapi Anda disodori kopi. Itu artinya Anda harus membuang kopi itu terlebih dahulu untuk mendapatkan teh. Hal ini sama dengan mencari pekerjaan yang ideal. Anda harus menyingkirkan semua hal negatif dari pekerjaan Anda yang sekarang sebelum membuat kriteria tentang pekerjaan ideal yang Anda impikan.

Selanjutnya, analisis hal-hal apa saja yang tidak Anda sukai dari pekerjaan yang sekarang dan ingin Anda enyahkan dari pekerjaan ideal Anda. Selanjutnya, buatlah penyangkalan yang positif tentang hal ini. Penyangkalan positif akan mengekspresikan penolakan Anda terhadap peraturan yang berlaku secara umum.

"Contohnya, Anda bisa menulis bahwa, saya tidak percaya bahwa saya harus bekerja dari pukul 9 pagi sampai pukul 5 sore untuk mendapatkan uang yang banyak dan masa depan yang baik," tegas Corson-Hadley.

Selain itu, Anda juga bisa menuliskan bahwa, "Saya tak perlu harus mengarungi kemacetan untuk bertemu klien, atau "Saya tidak harus menerima tugas yang membosankan."

2. Buatlah gambaran pekerjaan yang Anda inginkan seolah Anda punya kekuatan ajaib untuk langsung mewujudkannya.

Tulis berapa jam Anda ingin bekerja, pakaian yang ingin Anda kenakan saat bekerja, ingin bekerja siang atau malam, bagaimana suasana kerja Anda (apakah penuh peralatan teknologi atau orang-orang yang menyenangkan), suara yang ingin Anda dengarkan (musik, mesin, atau orang berbicara), bekerja sendiri atau tim, jika Anda di bagian penjualan, apakah Anda ingin shot-term sales atau kontrak yang lebih fleksibel, dan sebagainya. Semakin detail Anda membuatnya, semakin baik.

3. Ilustrasikan.

Setelah itu, buat ilustrasi dari pekerjaan impian tersebut. Anda bisa membuat gambar dari masing-masing poin yang telah Anda buat sebelumnya di tahap dua.

4. Buat pernyataan positif tentang daftar yang telah dibuat.

Misalnya Anda bisa menulis, "Saya senang karena saya bisa mengatur waktu kerja saya. Dampaknya, saya justru bisa mengerjakan banyak hal dalam sehari penuh."

5. Buang anggapan yang membatasi.

Kebanyakan dari kita hidup dalam struktur atau kepercayaan yang sudah dibangun selama berabad-abad. Padahal sebenarnya, kita bisa membuat kepercayaan atau keyakinan baru untuk kita sendiri.

6. Jangan takut untuk memulai usaha sendiri.

Jika sudah membuat daftar tentang gambaran pekerjaan ideal, Anda harus membuat rencana untuk mencapai tujuan tersebut. Biarkan imajinasi Anda berkembang. Siapa tahu hal ini akan berujung pada suatu hal yang malah jauh dari bayangan Anda sebelumnya.

7. Jangan takut terhadap perubahan.

Jika Anda harus pindah tempat tinggal, pindah ke luar kota, atau apa pun perubahan hidup yang harus Anda hadapi demi mendapatkan pekerjaan idaman, jangan takut untuk melakukannya. Ingat, bahwa Anda harus membuang gelas berisi kopi untuk mendapatkan teh seperti yang Anda inginkan. (Okz)

0 comments:

Feed my Articles

Google Translator

Donate

Counter