7/01/2009

Hiperaktif atau Aktif (Bagian 2)

0

Anak yang sekedar aktif, pada otaknya tidak terdapat gangguan. Hanya saja energy yang terkumpul berlimpah dan si kecil berkeinginan untuk selalu bergerak sehingga dia mempunyaimobilitas yang cukup tinggi dibandingkan anak lain. Secara kasat mata anak aktif dan hiperaktif memiliki kesamaan perilaku, padahal kalau ditilik lebih lanjut ada perbedaannya.
Ciri-ciri anak aktif:
1. Fokus (perhatian kuat)
Anak memiliki kemampuan kuat untuk memfokuskan perhatian. Ketika bermain puzzle, anak akif cenderung melakukan “problem solving” dengan baik.
2. Lebih penurut
Sikap menentang pada anak aktif tidak sekuat pada anak hiperaktif. Ia masih bisa diberitahu dan dapat mematuhinya dengan lebih baik dan lebih terarah jika diberikan alasannya kenapa tidak boleh dan yang boleh dilakukan sesuai dengan umur dan seberapa banyak yang dia mengerti.
3. Konstruktif
Si anak aktif akan berusaha melakukan hal sesuai permintaan. Setidaknya, ia akan berusaha untuk menyusun secara konstruktif sebuah permainan. Demikian pula terhadap mainan lain, anak aktif mau memelihara dengan baik benda-benda yang dimilikinya.
4. Ada waktu lelah
Anak umumnya memiliki batas mobilitas. Ketika merasa lelah, dia akan menghentikan kegiatannya dan beristirahat. Walau begitu, pada beberapa kasus ditemukan anak aktif yang waktu istirahanya sangat sedikit sehngga kesannya tidak pernah lelah seperti anak hiperaktif.
5. Lebih sabar
Anak aktif punya kesabaran yang lebih tinggi dibandingkan anak hiperaktif. Anak akan berusaha dengan keras dan sabar menyelesaikan tugasnya hingga tuntas. Hal ini berkaitan dengan daya kreativitas yang biasanya tidak dimilikianak hiperaktif.
6. Intelektualitas tinggi
Anak punya kecenderungan menjadi anak cerdas. Ia memiliki tenaga, rasa ingin tahu, dan kesempatan yang lebih besar unutk mengetahui hal-hal baru. Sebaiknya kesempatan ini dimanfaatkan orang tua untuk menstimulasi anak dengan baik.
Nah bagaimana, anak anda termasuk anak hipeaktif atau aktif sesuai ciri-ciri diatas? Mau manapun anak anda hiperaktif atau aktif sebaiknya anda melakukan yang terbaik untuk si anak dan menyikapinya dengan bijaksana.

0 comments:

Feed my Articles

Google Translator

Donate

Counter